Senin, 07 Januari 2013

Bidang Belajar

FAKTOR-FAKTORYANG MEMPENGARUHI BELAJAR
           
            Telah di katakan bahwa belajar adalah suatu proses yang menimbulkan timbulnya sutau perubahan atau pembaharuan dalam tingah laku dan atau kecapakapan. Sampai di manakah peruban itu tercapai aau dengan kata lain  berhasil baik atau tidaknya belajar itu tergantung kepada bermacam-macam faktor. Adapun fakt-faktor itu dapat kita bedakan menjadi d golongan:
1.      Faktor yang ada pada diri organime itu sendiri ng kita dapat sebut aktor individal dan
2.      Faktor yangada di luar idividu yang kita sebut dengan faktor sosial. Yang termasuk ke dalam faktor indivial antara lain: faktor kematangan/ pertumbuhan kecerdasan, latian, motivasi, d faktor pribadi. Sedangkan yang termasuk faktor sosial antara lain: faktor keluarga/keadaan rumah tagga,guru dan cara mengajarnya, lingkugan dan kesemptan yang tersedia antara motivasi sosial.
Marilah kita uraikanfaktor tersebut secara singkat.
1.      Kematangan/ pertumbuhan
Ita tidak dapatmelatih anakyang baru berumur 6 bulanuntuk bejar berjalan. Andaipun kita paksa tetap anak itu tidak akan dapat sanggup melakukannya karena untuk dapat berjalan anak memerukan kematangan potsi-potensi jasmniah maupaun rohaniahnya.
            Anak umur 6 bulan otot-otot dan tulang-tulangnya mash lemah berat dan kekuatan tenaganya belum ada keseimabangan yang harmonis, keberanian tnutk menco belum ada.
            Demikan pula kita tidak dapat mengajr ilmu pasti kepada anak kelas tiga sekolah dasar,atau menajar ilmu filsafat kepada anak yang baru duduk di bangku sekolah menengah pertama.semua itu disebabkan pertumbuhan mentalnya belum matg untuk menrimah pelajaran itu. Mengajarkan suatu baru dapat berhasil jika tara pertumbuhan pribadi telah memungkinkannya potensi-potensi jasmanitau rohaninya telah matang untuk melakukan itu.
2.      Kecerdasa/intelijensi
Hal ini telah didi bicarkan secara khusus dalam bab V dimuka.
Di samping kematangan dapt tidaknya seseorang mempelajari sesuatu dngan berhasil baik di tenkan/di pengaruhi pla oleh tarap kecerdasannya kenyataa menunujukan keada kita meskipun anak yang berumur 14tahun ke atas pada umumnya telah matang untuk belajar lmu pasti. Demiian pula halnya dalam mempelajari mata pelajaran dan kecakapan=kecakan lainnya. Tid semua anak pandai dalam bahasa asing, tidak semua anak pandai memasak, dan sbagainya. Jelas kiranya bahha dalam belajar  keculi kematangan intelijesi pun turut memegang peranan.
3.      Latihan dan ulangan
Karena telatih, kaena sering kali mengulangi sestu maka kecakapan dan pegetahuan yang  milikinya menjadi makin di kuasai dan min mendalam . sebaliknya, tanpa latihan pengalaman-pengalaman yang telah di milikinya dapat hilang atau berkurang karena latihan karena seringkali mengalami seuatu seseorang dapat timblnya minatnya kepada sesuatu itu. Makn besar mint makin besar pula perhatiannya sehingga memperbesar hasratnya untuk memplajarinya
4.      Motivasi
Juga tentang motivas telah kita bicaraka pada bab VI yang baru lalu. Motif merupakan pendorong bagi suatu organisme untuk melakukan suatu. Motif lapar yang aada pada kucing percbaaan thorndike mendong kucing itu bekaili-kali sehingga akhirnya dapat “membuka” pint tanpa melakukan perbuatan-perbuatan yang membabi buta lagi. Motif intrisik dapat mendorog seseorang sehingga akhirnya oran itu menjadi spesialis dalam bidang lmu pengetahuan tertentu. Tak mungkin seseorang mau mepelajari sesuatu dengan sebaik-baiknya.jika ia tak mengetahui betapa pentig dan faedahn hasil yang akan di capai  dari belajarnya itu bagi dirinya.
5.      Sifat-sifat pribadi seseorang
Di samping faktor-faktor yang telah dibcarakan diata faktor pribadi seseorang turut pula memega peranan dam belajar iap-tiap rang mempuyai sikap kepbadiannya masing-masing yang berbeda antara seseorang dngan yang lain ada orang yang mempunyai sifat keras hati,berkemauan keras, tekun dalamsegala usahanya sifat-sifat kepibadian yang ada pada seseorang itu sedikit banyaknya turut pula mempengaruhi sampi di manakah hasil belajarnya dapat di capai.termasuk ke dalam sifa-sifat kepribadian ini ialah faktor fisik kesehatan dan kondisi badan
            Kecuali faktor-faktor pribad yang bersifat individual, berhasil atau tdaknya belajar itu di pengaruhi pula oleh faktor- faktor da luar yang di sebut ktor sosial.
6.      Keadaan keluarga
Ada keluarga yang miski ada pula yang kaya, ada kelurga yang selalu diliputi oleh suasana tentram dan damai. Tetapi ada pula yang sebaliknya ada keluarga yang terdiri dari ayah ibu terpelajar dan pula yang kurang pengetahuan. Ada keluarga yang memunyai cita-cita tingg bagi anak-anaknya,ada pula yang biasa saja. Suasana dan keadaan keluarga yang bermcam-macam mau tidak mau turut menentukan dan bagaimana da sampai di mana belajar di alami dan di capai oleh anak-anak.termasuk dalam keluarga ini, ada tidaknya atau tersedia tidaknya fasilitas-fasilitas yang di perlukan dalam belajar turut memegang perananpenting pula.
7.      Guru dan cara mengajar    
Terutama dalam belajar di sekolah, faktor guru dan cara mengajarnya merupakan faktor yg penting . bagaimana sikap s

REFERENSI
Puwanto, Ngalim M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar